Meudrah Pendidikan dengan Komunitas Nelayan Kuala Bubon

Meudrah MPD Aceh BaratMajelis Pendidikan Daerah Kabupaten Aceh Barat melakukan terobosan baru dalam menghimpun masukan terhadap isu-isu pendidikan di Aceh Barat. Bertempat di Balai Gampong Kuala Bubon, Jum’at 18 November 2016, Pengurus dan Sekretariat MPD Aceh Barat melakukan Meudrah atau istilah lain Fokus Group Discussion bersama Komunitas Nelayan Kuala Bubon.

Meudrah ini merupakan salah satu dari rangkaian Meudrah dengan Fokus masyarakat lebih spesifik seperti Nelayan, Petani, Petugas Kebersihan, Tukang Parkir dan lainnya. Tujuan dari Mudrah Pendidikan dengan beragam komunitas tersebut adalah menghimpun masukan dari kolompok-kelompok yang rentan dari sisi pendidikan dan ekonomi. Bagaimana sudut pandang mereka terhadap pendidikan di Kabupaten Aceh Barat.

Komunitas Kuala Bubon merupakan kegiatan yang pertama dari Meudrah ini. Acara yang dibuka oleh M. Nasir, Kepala sekretariat MPD Aceh Barat dan Ketua MPD Mahrizal, M.Si banyak mendapat masukan dari sudut pandang nelayan ini. Antara lain mereka meminta agar ada waktu minimal 15 menit setiap hari sekolah untuk pengajian Al Qur’an. Mereka juga meminta pandangan tentang bagaimana pendidikan anak yang berkebutuhan khusus, dimana akan menyekolahkan anak-anak mereka ini.

Yang paling berkembang adalah pendidikan pada perguruan tinggi, bagaimana memanfaatkan perguruan tinggi bagi mereka yang merupakan kelompok yang berekonomi rendah. Pendapatan yang tidak menentu yang tergantung dengan hasil laut yang diperoleh oleh nelayan. Tentang Pendidikan ini dibahas panjang lebar oleh Mursyidin, Amrizal dan Zulyadi Miska.

Diskusi semakin menarik, karena sebahagian besar merupakan ibu-ibu ketika berbicara pendidikan keluarga yang disampaikan oleh Ust. Kamil Syafruddin. Bagaimana memanfaatkan magrib mengaji dan belajar habis magrib. Riuh rendah gurauan ketika ust. Kamil membandingkan Sinetron VS Mengaji. Diskusi semakin menarik walaupun hampir Jum’at. Namun sesi ini harus segera berhenti karena menjelang Jum’at.

Pertemuan disinilah yang paling menarik karena interaksi masyarakat dengan Majelis Pendidikan Daerah dapat berjalan dengan baik. [ZYM].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>