Saweu Sikula MPD Aceh Barat

IMG_20150326_101350_2

Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Barat dalam bulan April ini mulai melakukan program Saweu Sikula. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan monitoring pendidikan di seluruh wilayah Kabupaten Aceh Barat dari sudut pandang Majelis Pendidikan Aceh Barat yang nantinya bisa menjadi rekomendasi bagi pengambil kebijakan pendidikan di Aceh Barat.

Program Saweu Sikula ini dibagi dalam 4 tim monitoring yang akan melakukan pendataan ke empat buah UPTD yang ada di Aceh Barat, yaitu UPTD I terdiri dari Kecamatan Johan Pahlawan dan Meureubo; UPTD II yang terdiri dari Kaway XVI, Kecamatan Pantee Ceureumen, Panton Reu, dan Sungai Mas; UPTD III yang terdiri dari Kecamatan Samatiga, Bubon dan Arongan Lambalek; serta UPTD IV yang terdiri Kecamatan Woyla, Woyla Barat dan Woyla Timur.

Tim Saweu Sikula II kebetulan pada bulan ini melakukan monitoring di UPTD III, dengan anggota tim Zulyadi Miska, Anton Jamal, Zarkasyi dan Abdul Muthalib melakukan monitoring di sepanjang pesisir pantai Samudra Hindia yaitu jalan Meulaboh – Banda Aceh. Ada tiga sekolah yang dikunjungi yaitu SDN Kuala Bubon, SDN Suak Geudeubang dan SMPN 3 Samatiga.

Dari hasil monitoring ini masih banyak hal yang memang perlu diperhatikan oleh para pengambil kebijakan yakni sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai, persoalan peningkatan kapasitas guru serta pemerataan guru yang masih belum maksimal serta bagi masyarakat adalah dukungan terhadap lembaga pendidikan yang belum maksimal. Ini hanya merupakan sampel yang didapat dari beberapa sekolah yang dikunjungi oleh tim II Saweu Sikula MPD Aceh Barat bulan ini. [ZyM]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>