Sejarah MPD Aceh Barat

Logo-MPD

Majelis Pendidikan Daerah (MPD) merupakan sebuah lembaga setingkat Musyawarah Pimpinan Daerah sebagaimana lembaga Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU/MUI) dan Majelis Adat Aceh (MAA). Lembaga ini hanya ada di Aceh sebagai sebuah kekhususan Aceh yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia. MPD adalah lembaga yang mengkhususkan diri dalam urusan pendidikan. MPD Aceh Barat merupakan lembaga yang bersifat mandiri, tidak mempunyai hubungan hierarkis dengan satuan pendidikan maupun lembaga pemerintah lainnya.

MPD lahir sejak tahun 1990 di Banda Aceh yaitu sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Propinsi Daerah Istimewa Aceh Nomor 420/435/1990. Kemudian juga dilahirkan di seluruh kabupaten di Aceh. Lembaga ini sendiri di Aceh Barat baru terbentuk pada tahun 2006 yang lalu, dan pengurus 2013-2018 ini merupakan pengurus yang ke-3.

Kelembagaan MPD ini telah melahirkan sebuah lembaga atau badan baru untuk pertimbangan pendidikan di Indonesia, yaitu Dewan Pendidikan. Majelis Pendidikan Daerah ini telah terbentuk hampir di semua provinsi, kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Namun terdapat sedikit perbedaan karena di Aceh sendiri telah menjadi sebuah lembaga daerah, sementara di daerah lain masih bersifat badan yang tidak mengikat.

Pembentukan Majelis Pendidikan Daerah Aceh Barat ini bertujuan yaitu: (a) Mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan dan program pendidikan di Aceh Barat; (b) Meningkatkan tanggung jawab dan peran serta aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di Aceh Barat; (c) Menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di Aceh Barat dan satuan pendidikan.

Majelis Pendidikan Daerah Aceh Barat juga berfungsi dalam mendorong orang tua dan masyarakat berpartisipasi dalam pendidikan dan menggalang dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan di Aceh Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>