Subuh Bersama MPD di Gampa

Anton

Meulaboh, [ZyM] Hari libur Mayday 1 Mei 2015 di Aceh Barat dimulai dengan subuh bersama di Mesjid Gampa Meulaboh, yang sekaligus subuh ini sebagai penutup putaran pertama subuh bersama SKPK di Aceh Barat. Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Barat menjadi leading committe subuh di mesjid Gampa ini.

Sebagai panitia subuh bersama MPD tentunya harus mempersiapkan tenaga penceramah dan sebagai lembaga pemikir pendidikan di Aceh Barat, MPD menyiapkan dari kalangan internal. Anton Jamal, MA, Ketua Komisi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan diserahi tugas sebagai penceramah subuh dengan tema shalat dan ilmu pengetahuan.

Dalam ceramahnya Anton Jamal menekankan pentingnya menjaga shalat agar bisa menjadi mukmin yang baik dan bisa menjadi panutan bagi orang lain. Ilmu pengetahuan diperlukan untuk terus mengkaji bagaimana amal ibadah dapat menjadi benteng dalam menjaga diri untuk perkembangan ibadah dan pengetahuan. Ibadah dan iman bisa menjaga diri agar tidak kebablasan dalam mengelola pengetahuan yang bisa merusak diri dan orang lain. Ibadah penting dan pengetahuan pun penting. Siapa yang bisa menyeimbangkannya akan menjadi pemenang bagi dirinya dan umat.

Anton Jamal juga manyampaikan agar dalam kehidupan tidak dibenarkan untuk berlebih-lebihan. Kita harus bisa menyeimbangkan antara kebutuhan dengan keinginan. Sehingga kita bisa menjaga diri tidak riya dan berlebih-lebihan.

Subuh bersama diakhiri dengan minum kopi dan teh yang telah disiapkan oleh panitia di halaman depan mesjid di udara terbuka yang kebetulan pagi sangat cerah. Penganan yang diberikan pun cukup unik untuk mengawali pagi yakni pisang goreng dan bulukat campur kelapa parut serta segelas kopi dan teh. Mangat that.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>